Dalam bisnis rumah
sakit, petugas yang langsung berhubungan dengan pasien dan keluarga pasien,
wajib memberikan kenyamanan, keramahan dan kepuasan terhadap semua pengunjung. Petugas
yang langsung berhubungan dengan pasien itu adalah satpam, petugas parkir,
petugas loket, perawat, bidan, dokter, petugas laboratorium, petugas radiologi,
petugas gizi, petugas apotek dan kasir. "Semua petugas tersebut harus
dapat memberikan pelayanan yang profesional dan selalu ramah dalam pelayanan di
RSUD Hadji Boejasin melalui proyek perubahan yang dilaksanakan," kata
Sekretaris RSUD Hadji Beojasin, H Samsudinor, Jumat (19/8/2016).
Pria bergelar SKM dan
ME saat ini sedang mengikuti kegiatan Diklatpim 3 gencar melaksanakan upaya
percepatan pelayanan komponen RSUD Hadji Boejasin, dimulai dari pendayagunaan
satuan pengamanan (Satpam) RSUD Hadji Boejasin.
Intervensi itu adalah
pertama, melakukan penandatanganan komitmen seluruh karyawan di RSUD Hadji
Boejasin untuk bersama-sama mewujudkan keamanan dan kenyamanan lingkungan di
RSUD Hadji Boejasin.
Kedua, melakukan
pelatihan dasar bagi Satpam. Ini bekerja sama dengan Polda Kalsel, sudah dikirim
empat orang personel Satpam mengikuti pendidikan dan pelatihan Satpam.
Ketiga, kerja sama
dengan Satpol PP dalam melakukan razia merokok di area RSUD Hadji Boejasin,
karena kawasan rumah sakit adalah kawasan yang bebas sama sekali dari asap
rokok. "Pada Juli 2016 lalu, telah dilakukan razia oleh Satpol PP dalam
menegakkan perda Nomor 7 Tahun 2014 tentang ketertiban umum dan ketentraman
masyarakat, terdapat 5 warga yang kedapatan merokok.
Keempat menandatangani
komitmen seluruh keluarga pasien pada saat melakukan pendaftaran di loket rawat
inap untuk saling menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan RSUD Hadji
Boejasin.
Kelima perokok keluarga
pasien itu langsung dilakukan penyidikan dan berkasnya dilimpahkan ke
Pengadilan Negeri dengan beberapa putusan yang telah disampaikan,"
katanya. "Komitmen ini ditindak lanjuti dengan melakukan gotong royong
bersama dengan keluarga pasien yang dilaksankn secara rutin setiap bulan
sekali," ujar Samsudinor.
Direktur RSUD Hadji
Boejasin, H Edy Wahyudi mengaku kegiatan itu sangat penting dan sangat
mendukung dalam upaya mempercepat peningkatn kualitas pelayanan di RSUD Hadji
Boejasin. "Kedepannya bukan hanya petugas satpam saja. Petugas lain yang
berhub langsung dengan pasien juga harus diintervensi untuk peningkatan
performance dan profesionalitasnya," ujarnya.
Post a Comment
Comen